PURWOKERTO-Sebanyak 28 mahasiswa jurusan Sarjana Kesehatan Masyarakat dan 14 mahasiswa Diploma III Prodi Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Bina Cipta Husada (BCH) Purwokerto menjalani prosesi wisuda di Hotel Grand Karlita Purwokerto, Sabtu (2/11).

Prosesi Wisuda ke XV ini untuk Prodi Sarjana Kesehatan Masyarakat yang telah terakreditasi B oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan dan Ahli Madya Kebidanan Stikes BCH dihadiri Ketua dan Pengurus Yayasan Pendidikan BCH, Ketua Stikes BCH Purwokerto Drs. Cipto Santoso MM, Bupati Banyumas Ir H Achmad Husein diwakili Kepala Dinas Kesehatan Banyumas Sadiyanto S.Km M.Kes, Direktur Rumah Sakit dan Instansi Kesehatan di Kabupaten Banyumas, Pimpinan Perguruan Tinggi eks Karasidenan Banyumas, dan Ketua IBI Banyumas Pudji Hastuti Wahyuningsih Amd. Keb, Ketua PERSAKMI regional Banyumas, Heri Budi cahyono SKM, MSi, perwakilan dari IAKMI cabang Banyumas, serta keluarga wisudawan beserta tamu undangan lainnya.

Ketua Stikes BCH Purwokerto, Drs Cipto Santoso MM dalam sambutannya mengatakan, atas nama pimpinan Stikes BCH dan seluruh civitas akademika, mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati. pihaknya memberikan apresiasi luar biasa kepada orang tua dan keluarga wisudawan dan berpesan kepada wisudawan agar tidak henti-hentinya belajar dan berkarya.

“Wisuda bukanlah puncak tugas dari kita semua untuk berhenti belajar, namun sebaliknya ilmu yang sudah didapatkan di kampus akan dilanjutkan untuk digunakan menyelesaikan dan membangun masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang semakin kompleks kedepan,” katanya.

Dirinya menegaskan, kepada para lulusan Stikes BCH agar tidak minder dan berkecil hati saat ingin berkompentisi di dunia kerja. Jangan ragu berkompentisi masuk kedalam institusi yang bergengsi. Perlu diketahui, sudah banyak alumni Stikes BCH baik Kebidanan maupun Kesmas yang sudah bekerja di Instansi Pemerintahan maupun Swasta.

“Kepada para wisudawan dan wisudawati, anda tidak perlu minder, inferior dan berkecil hati ketika nanti bersaing dan berkompetisi dalam menempuh karir di dunia kerja, kalian semua selevel sepadan dengan perguruan tinggi lainnya, apalagi dikampus ini anda sudah dibekali dengan kearifan lokal berupa kemauan untuk bekerja keras dan kemampuan bekerja sama yang baik, sehingga dengan bekal tersebut anda akan mampu berkiprah dan bersama-sama membesarkan nama Stikes Bina Cipta Husada Purwokerto,” jelasnya.

Berkaitan dengan penambahan program studi untuk meningkatkan status Sekolah Tinggi menjadi Instute, rencana prodi baru yang diusulkan ialah S I Farmasi Klinis dan Komunitas, D III Farmasi, dan D IV Teknologi Laboratorium Medis, untuk pelaksanaannya tinggal menunggu dari Dikti tentang perijinan penyelenggaraannya.

“Untuk itu kepada bapak ibu sekalian kami mohon doa restu, kita akan melaksanakan perkembangan, mudah-mudahan dalam proses untuk penambahan program studi baru dan kedepan kami berharap juga meningkatkan dari Sekolah Tinggi menjadi Institute, semoga hal ini segera akan dapat terlaksana,” tambahnya.

Bupati Banyumas dalam sambutan yang dibacakan Kepala Dinkes Banyumas Sadiyanto S.Km M.Kes mengatakan, Pemkab mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan dan wisudawati.

“Dengan keberhasilan ini memotivasi civitas akademika Stikes Bina Cipta Husada untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaraan agar Stikes BCH bisa menjadi perguruan tinggi ternama dalam menghasilkan tenaga kesehatan yang profesional, kompeten, unggul, mandiri dan berprestasi,” kata Bupati.

Bupati mengingatkan agar lulusan Stikes BCH yang ke XV tidak lupa akan tanggung jawab sosialnya, dan berharap dalam pengembangannya, Stikes BCH Purwokerto terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajarannya, dikelola secara profesional, adaptif dengan tuntutan kemajuan IPTEK dan Pasar Bebas. Serta, membangun jejaring sehingga Stikes BCH menjadi perguruan tinggi besar dan menghasilkan tenaga kesehatan profesional, kompeten, unggul, mandiri, dan berprestasi.

“Selain mengejar karir tenaga kesehatan juga mengejar misi sosial karena itu sebagai bentuk tanggung jawab moral sebagaimana hidup bermasyarakat. Stikes Bina Cipta Husada juga harus terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajarannya sehingga para mahasiswanya akan lebih maju,” pesannya.